Jumat, 11 November 2011

Jika Pulau Komodo menjadi NEW7wonders, Devisa & Perekonomian Indonesia Naik.

Universitas Gunadarma
Fak. Ekonomi, Jurusan Akutansi 2011
Mata Kuliah : Soft Skill Pengantar Bisnis. Kls : 1EB19
Nama : Filza Rachmatina
Tugas Menulis Artikel Induvidu
Tgl : Jumat, 11-11-2011

Jika Pulau Komodo menjadi NEW7wonders, Devisa & Perekonomian Indonesia Naik.

                 Sekarang ini Pemerintah terutama, Mentri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia sedang gencar – gencarnya mendorong keikutsertaan dan mensukseskan kemenangan  Pulau Komodo sebagai salah satu NEW7Wonders terbaru 7 keajaiban di Dunia. Karena di Pulau Komodo terdapat spesies langka yang hanya dapat di temukan di Taman Nasional Komodo (TNK) di kelola oleh pemerintah pusat di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu Komodo (Varanus Komodensis).  Karena http://www.indonesia.travel/en/destination/106/komodo-national-park-into-the-heart-of-the-dragons/gallery/page/2Unik & langkanya hewan ini TNK dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNISCO pada tahun  1986. Di derah Pulau Komodo ini juga dapat menemukan hewan – hewan lainnya seperti Kuda, Kerbau Liar, rusa, babi hutan, ular, monyet dan berbagai jenis burung yang tidak kalah menarik. Pulau Komodo yang terdapat di Kepualauan Nusa Tenggara sebagai habitat asli Hewan Komodo, secara administrative pulau komodo termasuk wilayah kecamatan komodo, kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat.
                Kelebihan yang di miliki oleh Taman Nasional Komodo yang dapat menarik minat wisatawan local maupun wisatawan internasional untuk datang dan menikmati semua objek wisata dan pemandangan pulau yang menakjubkan. Taman Nasional Komodo memiliki 3 pulau utama yaitu Komodo, Rinca & Padar dan pulau – pulau kecil banyak  sebesar 603 km berupa daratan. Ukuran total Taman Nasional Komodo saat ini 1.817 Km2. Usulan ekstensi dari 25 km2 berupa daratan (Pulau Banta) dan 479 km2 perairan laut akan membawa total luas permukaan sampai 2.321 km2. Usulan ekstensi dari 25 km2 berupa daratan (Pulau Banta) dan 479 km2 perairan laut akan membawa total luas permukaan sampai 2.321 km2. Di Pulau ini tempat Hewan Komdo berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat 1300 komodo jumlahnya di tambah komodo yang terdapat di Pulau Rinca & Pulau Padar jadi totalnya 2500 komodo tinggal di derah ini. Komodo biasanya memiliki bobot berat 90Kg dan besar 3 meter. Pulau Komodo memiliki Pemandangan yang Indah, Hutan  Savana, Hutan Hujan, Pantai Putih,  Karang – karang laut yang indah. Slain Komdo pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam Kayu Sepang  yang oleh warga masyarakat sekitar di budidayakan menjadi obat – obatan & bahan pewarna pakaian pohon Nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.
                      Tak hanya di Daratannya saja, tapi Lautan  Biotical bawah laut Taman Nasional Komodo juga sangat indah & menakjubkan. Para penyelam pun berkata bahwa perairan lautan Pulau Komodo adalah salah satu situs penyelam terbaik di dunia, di harapkan para penyelam Internasional berkenan mengunjungi Pulau komodo sebagai salah satu tujuan pariwisata tidak hanya daratannya saja tapi begitu juga perairan lautannya yang mempesona yang di dalamnya memiliki 385 spesies karang laut yang indah, hutan mangrove dan rumput laut sebagai rumah bagi para spesies ikan – ikan, terdapat pula 70 jenis bunga karang,  10 jenis lumba – lumba, 6 jenis paus, penyu hijau & berbagai jenis hiu dan ikan paus. Sungguh begitu banyak keajaiban yang kita bisa temukan di Pulau Komodo, pantaslah Pulau Komodo jika di jadika “NEW7WONDERS of Neturs”.
              Pemerintah sangat mendukung Pulau Komodo akan masuk menjadi “New Seven Wonders Of Neturs” karena jika Pulau Komodo bisa masuk, tentunya akan sangat berdampak baik dalam dunia pariwisata di Indonesia terutama Pulau Komodo, semua mata dunia akan lebih mengenal dan tertarik untuk mendatangi salah satu objek pariwisata di Indonesia sehingga pemasukan Negara/ devisa Negara & perekonomian pun akan bertambah besar dari sector yang paling startegis yaitu Pariwisata. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kratif sebenarnya telah memiliki beberapa program untuk mengembangkan Pulau komodo dari beberapa tahun yang lalu, jadi meskipun nantinya gagal menjadi “New Seven Wonders of Neture” pemerintah masih tetap mempromosikan Pulau Komodo sebagai Objek Pariwisata Unggul di Indonesia dengan bebrabagai cara promosi lain yang akan terus menarik para wisatawan, karena memang Pulau Komodo menjadi Icon Indeonesia karena keunikan dan panorama keindahan pulaunya.
Terdapat Fasilitas Penunjang bagi para wisatawan yang ingin menikmati pulau Komodo. Di Pulau Komodo, Pulau Rinca terdapat rumah tamu sederhana yang memiliki beberapa kamar penginapan. Hotel mewah yang di bangun di  Pulau Komodo dengan kapasitas yang terbatas, para wisatawan yang datang ke Pulau Rinca sebagian besar tidak bermalam/menginap, sementara yang datang ke Pulau Komodo http://www.indonesia.travel/en/destination/106/komodo-national-park-into-the-heart-of-the-dragons/gallery/page/10menginap di perahu bermotor sewaan mereka. Hamper semua perahu bermotor memiliki kamar/kabin yang baik untuk bisa dijadikan tempat peristirahatan. Di pulau komodo terdapat pula Rumah Ranger yaitu Rumah reger yang baru di renovasi di akomodasi bergaya eko, dengan fasilitas modern dengan kamar mandi pribadi yang bisa di gunakan, persediaan tenaga listrik yang cukup terbatas, tersedia makanan keperluan logistic untuk para wisatawan. Rumah Ranger adalah salah satu alternative tempat menginap istirahat bagi para wisatawan yang tidak bisa tidur di kapal. Terdapat juga Bajo Komodo Eco Lodge adalah bangunan ramah lingkungan yang dikembangkan menggunakan tenaga Tata Surya untuk system air panas sebuah system penyimpanan air yang luas, system ini di bawahi oleh organisasi non profit Iniradef mana untuk berpartisipasi dalam mengembangkan sumber daya manusia di daerah tersebut dan juga membangun konservasi lingkungan alam. Program ini telah diterima sepenuhnya oleh masyarakat lokal. Perahu Akomodasi pelabuan Bajo adalah perahu tidur sederhana dengan kasur yang cocok untuk 4 orang saja, di lengkapi dengan toilet, makanan yang di masak langsung di atas kapal & air mineral yang disediakan juga. Perahu Akomodasi Berangkat dari Bima yaitu perahu Lebih besar perahu dengan kabin, fasilitas makan dan peralatan keselamatan standar yang tersedia bagi mereka yang melakukan perjalanan ke Komodo melalui Bima. Meskipun membawa Anda lebih dari 7 jam di atas air - fasilitas janji di atas kapal cukup baik dibandingkan dengan mereka yang mulai dari dari Labuan Bajo.Semua fasilitas pendukung yang berada di derah Pulau Komodo dan sekitarnya sangat bermanfaat untuk para wisatawan yang ingin singgah atau datang ke pulau Komoo, tak hanya itu saja fasilitas pendukung yang di sediakan juga sangat membantu warga masyarakat sekitar Pulau Komodo sebagai salah satu mata pencahariaan membantu perekonomian dengan menyediakan jasa - jasa penginapan, akomodasi, atau penyediaan keperluan bagi para wisatawan seperti makanan/minuman/ keperluan lainnya yang di butuhkan para wisatawan yang singgah di Pulau komodo. Pemerintah pun juga merasakan keuntungan dari segi Devisa Negara yang naik karna banyak wisatawan mancanegara yang ingin mengunjungi Pulau Komodo.


Sumber Refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar