Kamis, 02 Januari 2014

TUGAS 5 MATA KULIAH BAHASA INDONESIA



Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi
Mata Kuliah : B. Indonesia
Dosen : Bpk Edy Prihantoro
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Kls : 3EB20
TUGAS 5
Tugas 5.
Buatlah contoh sebuah paragraf :
-          Generalisasi
-          Analogi
-          Sebab – Akibat ( Kausalitas )

           Paragraf Generalisasi adalah yang tersusun dari kumpulan fakta atau data yang saling berkaitan dan menemukan suatu kesimpulan pokok.Pendekatan yang ada pada paragfraf Generalisasi adalah pendekatan rill yang sering terjadi pada kehidupan masing – masing. Penulis di tuntut untuk agar memberikan beberapa fakta, informasi dan data yang benar yang mampu mendukung apa yang akan terjadi mendukung kesimpulannya nanti.
Contoh Paragraf Generalisasi
           Pada ujian tengah semester mata kuliah Bahasa Indonesia yang di adakan di Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi kelas 3EB20, hampir semua mahasiswanya mendapatkan nilai rata – rata diatas 90. Hanya terdapat 3 mahasiswa yang mendapatkan nilai 75 dan seorang mahasiswa yang mendapatkan nilai 60. Namun ada juga cukup banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai 100. Sehingga bisa dikatakan bahwa mahasiswa kelas 3EB20 mempunyai kemampuan rata – rata yang baik dalam mata kuliah Bahasa Indonesia untuk semester 5.
            Paragraf Analogi adalah paragraf yang menggunakan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dalam membuat paragraf analogi ini kita di haruskan memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan. Proses berfikir ini ialah yang di sebut proses berfikir induktif. Jadi proses berfikir induktif adalah proses berfikir yang bergerak dari pandangan umum lalu menuju kepada penjelasalan yang lebih khusus lagi. Atau bisa dengan mudah paha,i bahwa berfikir induktif bisa dikatakan dengan meletakkan gagasan utama di awal paragraf pada paragraf induktif.
Contoh Parafagraf Analogi
           Ternyata kucing menyusui dan membersihkan anak – anaknya mirip dengan cara ibu yang menyusui anaknya dan tentunya seorang ibu juga selalu membersihkan anaknya dengan penuh kasih sayang. Induk kucing sangat menjaga anak – anaknya dengan selalu berada di sisi anaknya, menemani anaknya sama seperti ibu kita yang selalu berada di sisi anaknya sepanjang hari tanpa mau meninggalkannya atau tega menitipkannya kepada orang lain yang sembarangan.
            Paragraf sebab – akibat adalah paragraf yang tersusun dari beberapa sebab tentang suatu masalah kejadian dan realita dan juga akibat yang akan timbul setelahnya.Penulis harus memberikan faktor – faktor dari permasalahan yang timbul. Paragraf ini juga di sebut kausal atau kausatif dalam artian menjelaskan sustu kejadian atau fenomena yang berasal dari suatu kejadian atau fenomena yang berasal dari efek tindakan lainnya.
Contoh Paragraf Sebab – Akibat
           Bertambahnya pengguna aktif narkoba dan pengedar narkoba makin hari makin sulit di atasi atau di musnahkan. Ditambah dengan para bandar – bandar narkoba yang berada di seluruh dunia dan memiliki jaringan yang kuat dalam mengembangkan usaha ini, para pengedar makin canggih dalam mengemas dan menyembunyikan paket narkoba atau ganja yang akan di pasarkan ke konsumen pemakai, dunia maya yang makin canggih sangat membantu bagi para bandar berkomunikasi atau transaksi dengan pemakai. Pemerintah melalui BNN ( Badan Narkotika Nasional ) belum cukup efektif membantu mengurangi angka pengguna dan peredaran narkotika di seluruh indonesia. Dan hasilnya pengedar makin bebas memasarkan narkotika ke seluruh kawasan indonesia dan juga pemakai pun makin mudah mendapatkan barang haram tersebut. Generasi muda penerus bangsa pun menjadi korbannya karna mental dan fikirannya di rusak oleh Narkoba tersebut.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar