Minggu, 29 Desember 2013

CARA MELEPASKAN DIRI DARI HUTANG



Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi
Mata Kuliah : B. Indonesia
Dosen : Bpk Edy Prihantoro
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Kls : 3EB20
Tugas Tulisan 
CARA MELEPASKAN DIRI DARI HUTANG

Berinvestasilah dengan Tabungan, Bukan dengan Hutang
                        Sebelum memulai investasi, pertama – tama kumpulkan modal dan bereskan hutang anda. Alasannya sederhana investasi dengan tabungan anda bukan dengan pinjaman. Semua hutang memiliki biaya dalam bentuk bunga. Kecuali jika bisa memperoleh laba yang lebih tinggi dari biaya bunga yang harus kita bayarkan, bisa jadi kita hanya ada dalam keadaan impas.
                        Tetapi tidak semua hutang itu buruk dan ada beberapa hutang yang bisa anda ambil seperti pinjaman untuk kredit rumah. Dan sering kali anda harus mengeluarkan uang tunai untuk keperluan keluarga mendadak. Oleh karena itu, jika memang harus berhutang, maka lakukanlah karena benar – benar melakukannya. Tetapi, gunakan hutang hanya jika anda dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi dari apa yang harus anda bayar.
Pinjaman untuk Kredit Rumah
                      Lebih dari 80 persen dari populasi Singapura memiliki rumah mereka sendiri dan hampir setiap orang mengambil pinjaman rumah untuk mendapatkannya. Tetapi pinjaman seperti itu bukanlah pinjaman yang buruk karena pinjaman tersebut didukung oleh aset yang solid. Sesungguhnya banyak dari kita yang tidak akan mampu membeli rumah tanpa bantuan pinjaman dari bank. Membeli rumah adalah investasi yang bagus untuk jangka waktu yang panjang jika anda hidup cukup lama untuk melewatipasang surut pasar properti.
Pinjaman untuk Dana Pendidikan
                        Keuntungan dari pendidikan yang bagus akan kita rasakan seumur hidup kita, oleh karena itu, jika anda merasa anda membutuhkan pinjaman untuk mendapatkannya lakukanlah. Kebanyakan bank memberikan pinjaman untuk pendidikan. Dengan pengecualian pinjaman untuk perumahan dan pendidikan semua pinjaman untuk keperluan pribadi lainnya harus dihindari tak peduli apa pun alasannya. Dua tipe pinjaman yang harus dihindari adalah hutang kartu kredit dan perdagangan margin.
Pinjaman untuk Mobil
                    Mobil adalah pilihan gaya hidup. Mobil harganya mahal, tetapi banyak orang yang memberikan alasan apapun bahwa mereka membutuhkan mobil tanpa peduli sebarapa mahalkah harga mobil itu. Kecuali jika anda memang adalah seorang yang bekerja dalam bidang penjualan atau pemasaran yang mengharuskan anda sering berpergian, anda harus betul – betul bertanya kepada diri anda tentang apakah anda benar – benar membutuhkan sebuah mobil.
  Sumber : Liu Fang(Pengarang) Sunarni ME (Editor), HOW TO MAKE YOUR MONEY WORKS FOR YOU,11 Cara Cerdas Berinvestasi untuk meraih Kebebasan Finansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar