Jumat, 25 Oktober 2013

Tugas Bahasa Indonesia Part 2



Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi
Mata Kuliah : B. Indonesia
Dosen : Bpk Edy Prihantoro
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Kls : 3EB20
Tugas Bahasa Indonesia Part 2

a)      Menjelaskan Kualitas karya tulis di tentukan oleh beberapa aspek, yaitu : Topik yang menarik dan mudah di pahami pembaca
Jawaban : Topik yang menarik tergantung dari penulisnya karna itu hak dari masing – masing penulis, tetapi penulis juga harus memperhatikan pembaca yang menikmati tulisan kita. Jika seorang penulis mampu memilih topik yang menarik, kemudian merangkai tulisan dengan bagus sesuai dengan topiknya, maka pembaca akan merasa nyaman membaca tulisan kita dari awal samapai dengan akhir karya tulis. Untuk membuat topik semakin menarik, penulis juga harus memberikan batasan topik yang akan ditulisnya. Jangan karna ingin terlihat berwawasan luas sehinggakita memilih topik yang justru terlalu umumdan belum dikuasai.
                    Sehingga untuk memilih topik sebuah karangan , tulisan atau cerita, seorang penulis perlu memperhatikan hal – hal berikut :
1.      Pilih topik yang menarik untuk di jadikan tulisan.
2.      Menguasai topik yang akan di buat.
3.      Literatur atau bahan pelengkap mudah didapat untuk dipelajari.
4.      Membatasi topik agar lebih spesifik.
Disesuaikan juga dengan sasaran penikmat karya tulis kita juga, jika masih anak anak jangan memilih topik yang sulit di mengerti, tetapi lebih yang memudahkan anak – anak untuk membacanya. Di usahakan mengambil topik yang sesuai zamannya sehingga lebih update dengan kehidupan pada masa itu.
b)      Menjelaskan maksud dari Aspek “Mudah di pahami oleh pembaca” yaitu selain topik yang menarik juga isi kandungan dari karya tulis tersebut juga harus mudah di mengerti oleh pembaca, jangan hanya dapat di mengeti oleh sang penulis saja, tetapi penulis juga harus memikirkan bagaimana pembacanya bisa larut dan masuk ke dalam pemikiran yang di tulis oleh sang penulis, sehingga tujuan dan maksud yang di sampaikan dalam isi karya tulis tersebut tersampaikan ke pembaca. Alur dan struktur tulisan harus jelas, jangan terlalu membingungkan atau pembahasannya lewat dari batas topik yang diinginkan atau materi yang di bahas malah tidak nyambung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar