Minggu, 13 Oktober 2013

Analisis Berita "Libur Idul Adha, Tiket KA Ekonomi Ludes"


Libur Idul Adha, tiket KA ekonomi ludes
Ilustrasi/Ist

 Universitas Gunadarma 

Fak.Ekonomi Akuntansi

Nama : Filza Rachmatina (22211874)

Kls : 3EB20

Mata Kuliah : B. Indonesia

ANALISIS BERITA

 "Libur Idul Adha, tiket KA ekonomi ludes"

Mukhtar Bagus
Jum'at,  11 Oktober 2013  −  19:48 WIB
Sindonews.com - Sejumlah warga terus berjubel antri membeli tiket kereta api di stasiun kereta api kota Jombang, Jawa Timur. Mereka berlomba-lomba membeli tiket kereta api untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Namun meski sudah antri lama, tak sedikit dari para calon pemudik ini yang harus kecewa karena seluruh tiket kereta api kelas ekonomi ke beberapa tujuan kota besar seperti Yogyakarta, Bandung dan Jakarta ternyata sudah ludes terjual.

Tak tanggung-tanggung, tiket seluruh kereta api ekonomi tersebut sudah habis hingga seminggu pasca hari raya Idul Adha atau tanggal 23 Oktober mendatang.

Kondisi ini tentu saja membuat warga kecewa karena mereka tak bisa pulang ke kampung halamannya untuk berhari raya Idul Adha dengan kereta api.

Sejumlah kereta api yang tidak memiliki stok tiket lagi di antaranya kereta api Mata Remaja jurusan Malang-Pasar Senen, kereta api Gayabaru malam jurusan Surabaya-Jakarta, kereta api Pasundan jurusan Surabaya-Bandung, kereta api Brantas tujuan Kediri-Jakarta dan beberapa kereta api lainnya.

"kalau kereta api kelas bisnis dan eksekutif seluruh tiketnya sudah ludes hanya pada saat hari raya saja, tanggal 15 dan 16 Oktober," ujar salah seorang calon penumpang Alvino, Jumat (11/10/2013).

Bagi masyarakat yang tidak mendapatkan tiket kereta kelas ekonomi dan tidak bersedia membeli tiket kelas bisnis dan eksekutif, PT KAI mempersilakan mereka untuk beralih menggunakan moda transportasi lainnya.

Sumber : http://ekbis.sindonews.com/read/2013/10/11/34/793599/libur-idul-adha-tiket-ka-ekonomi-ludes

ANALISIS OTONOMI BERITA :
  • Judul : 
-Judul yang digunakan berjenis "Direct Address, Karena langsung menunjukan pada isi berita yaitu Tiket Kereta KA Ekonomi Habis saat menjelang Idul Adha.
-Menggunakan Sub Judul Atas
-Judul berpola K (Keterangan ) : Libur Idul Adha , O ( Objek ) : Tiket Kereta KA Ekonomi Habis
  • Teras Berita / Lead Text :
Bagian dari Teras Berita Atas adalah Sejumlah warga terus memadati antri membeli tiket di stasiun  Kereta Api Jombang, Jawa Timur. Mereka berlomba - lomba membeli tiket untuk pulang ke kampungnya.

Merupakan teras atas adalah "Where" karena di tonjolkan tempat Stasiun kereta api Jombang, Jawa ti,ur
  •  Tubuh 
Bagian dari Tubuh berita adalah Meskipun sudah antri lama tidak sedikit dari mereka yang merasa kecewa karna tiket yang akan di beli habis. Tiket yang di jualan untuk tujuan kota - kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta dan bandung sudah habis terjual. Tak tangung - tanggung tiket pasca Idul Adha/ seminggu setelah Idul Adha 23 oktober pun juga habis terjual. Kondisi ini pun mengecewakan penumpang karna mereka tidak dapat pulang ke kampungnya masing - masing. Sejumlah Kereta api tidak memiliki stok tiket lagi di antaranya kereta api Mata Remaja jurusan Malang-Pasar Senen, kereta api Gayabaru malam jurusan Surabaya-Jakarta, kereta api Pasundan jurusan Surabaya-Bandung, kereta api Brantas tujuan Kediri-Jakarta dan beberapa kereta api lainnya.
"kalau kereta api kelas bisnis dan eksekutif seluruh tiketnya sudah ludes hanya pada saat hari raya saja, tanggal 15 dan 16 Oktober," ujar salah seorang calon penumpang Alvino, Jumat (11/10/2013).


  • ANALISIS ISI BERITA DARI ASPEK W5 H1 :

What :  Libur Idul Adha, Kereta KA Ekonomi Ludes
Who : Kereta KA Ekonomi
When : Seminggu pasca Hari Raya Idul Adha  atau Tgl 23 Oktober mendatang.
Where : Kereta Api Kota Jombang, Jawa Timur
Why  : Mengapa tiket bisa habis terjual.
How : Bagaimana solusi yang baik agar penumpang dapat tetap Idul Adha di daerahnya masing - masing.

  • Penutup
 Bagi masyarakat yang tidak mendapatkan tiket kereta api ekonomi dan tidak bersedia membeli kelas bisnis, maka PT KAI mempersilahkan untuk membeli tiket dengan moda transportasi lainnya.

Pada penutup di sampaikan saran oleh naras sumber untuk memilih mode transportasi lainnya agar penumpang tetap bisa menikmati liburan Idul Adha di daerahnya masing - masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar