Sabtu, 02 Februari 2013

Program - Program Koprasi Pemerintah



Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi Akutansi
Semester 3, Kls 2EB20
Mata Kuliah :  Ekonomi Koprasi IT022214
Dosen Pembimbing : Ibu Sulimah
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
                                           Tema Tugas : “Koprasi di Indonesia”


1.   Sebutkan Program – Program  apa yang sudah di jalankan pemerintah dalam bidang Koprasi?

            Demi lebih mendekatkan Koprasi kepada masyarakat, Pemerintah tetap aktif untuk terus menjalankan program – program yang dapat mengembangkan perekonomian masyarakat secara keseluruhan. Salah satu program yang rutin di jalankan oleh pringatan hari Koprasi dan penentuan penerima Koprasi Award di setiap tahunya, meskipun pergantian Pemimpin Koprasi. Terus konsisten menjalankan semua program yang telah tersusun dan juga kebijkan yang telah di buat untuk tujuan mengmbangkan koprasi menjadi satu tiang pembangun perekonomian dan kesejahteraan di tengah – tengah masyarakat. Murut Deputi bidang Kelembagaan dan Kementrian Negara Koprasi dan UMKM Bpk Untung Tri Basuki mengatakan “Segala program yang telah berjalan tetap akan berjalan secara konsisten sebagaimana seharunya , mengingat segala kebijakan yang telah di tetapkan tersebut telah di atur pelaksanaanya dengan peraturan pemerintah (pp) setiap tahun kementrian koprasi senantiasa melakukan evaluasi  terhadap berbagai regulasi, seperti peraturan pemerintah (PP), peraturan presiden  (Perpres), peraturan daerah (Perda) yang dapat di anggap menghambat perkembangan koprasi di setiap daerah. “Apabila di dapatkan peraturan yang dirasa dapat menghambat pertumbuhan koprasi Upaya ini. Lanjut ya, telah di laksanakan  sejak tahun 2005 dan terdapat lebih kurang 30 perda yang dimintakan pembatalannya karena dirasa menghambat  pertumbuhan koprasi di daerah.
                Negara Koprasi dan UKM dalam rencana kerja pemerintah (RKP) Tahun 2010. Kementrian Koprasi dan UKM di harapkan dalam penysunan program – programnya saling menunjang satu sama lainnya dan berkesinabungan denga program – program sebelumnya. Salah satu prioritas program Kementrian Negara  Koprasi dan UKM dalam RKP tahun 2010 adalah pemeliharaan kesejahteraan Rakyat, serta penataan kelembagaan dan sistem perlindungan sosial seperti yang diungkap wakil ketua komisi VI DPR Bpk Anwar Sanusi saat mempin Rapat dengan pendapat skertaris kementrian DPR negara dan koprasi dan UKM di Gedung DPR. Dan selain itu Komisi VI d Kementrian Negara Koprasi dan UKM mengoptimalkan kegiatan.
               Untuk menumbuhkan rasa Perkoprasian di dalam generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, ada beberapa program juga yng sengaja di bentuk untuk generasi muda seperti Mahasiswa dan untuk tingkatan pendidikan lainnya. Program tersebut berupa adanya perlombaan dalam bentuk proposal tentang hal apa yang akan kita buat jika suatu saat nanti kita akan menjadi seorang wirausahawan.  Hadiah dari perlombaan ini dapat berupa modal yang nantinya akan merealisasikan apa yang ada dalam proposal yang kita buat.  Program semacam ini cukup menarik perhatian para kaum muda, mereka berlomba-lomba untuk memenangkan perlombaan. Diharapkan dengan adanya program yang mendekatkan dan menggugah para generasi muda ini dapat bermanfaat untuk kehidupan perkonomian mereka di masa depan, karena mereka adalah bibit bangsa ini.
                  Contoh lain : Dalam rangka mencapai Visi dan Misi Pemerintah, Dinas Perekonomian, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Tuban mengagendakan beberapa program, baik yang bersifat kontinyu maupun momental.
Secara umum program tersebut diantaranya :
Bidang Perdagangan secara kontinyu terus memperluas jaringan pemasaran produk – produk unggulan Kabupaten Tuban dengan beberapa program kegiatan. Misalnya dengan mengikuti temu usaha baik dalam wilayah Jawa Timur maupun Nasional. Kegiatan pasar lelang di Puspa Agro Sidoarjo juga memberikan kontribusi yang cukup besar dalam memperluas jaringan pasar produk unggulan Kabupaten Tuban.
Dalam rangka pengenalan produk dan perluasan jaringan pemasaran, Bidang Perdagangan juga membuat trobosan baru dengan pembuatan Toko Online Produk UKM yang akan dijalankan secara kontinyu untuk memasarkan produk – produk unggulan UKM Tuban melalui media online yang sekarang ini sedang menjadi trend perdagangan baru.
Beberapa sektor perdagangan beserta infrstrukturnya juga dibenahi sebagai upaya penciptaan iklim usaha yang sehat dan berkembang di Kabupaten Tuban. Salah satunya adalah dengan menjadikan terminal lama sebagai Rest Area, yang nantinya akan menjadi pusat display produk UKM Tuban.
Di Bidang Perindustrian, Pemerintah terus melakukan upaya – upaya dalam rangka peningkatan kwalitas dan kwantitas produk IKM di Kabupaten Tuban. Berbagai pelatihan dan temu usaha juga menjadi program yang dilakukan secara bertahap dan kontinyu.
Tidak hanya pelatihan, Bidang perindustrian juga memperbaiki berbagai infrastruktur industri kerakyatan dengan pengembangan sentra industri yang ada di Kabupaten Tuban. Pembinaan terhadap IKM terus dilakukan sehingga mampu bersaing dengan produk – produk dari luar daerah dan Nasional.
Pertumbuhan IKM yang semakin pesat menjadi fokus tersendiri untuk menjaga mutu produk dan melakukan pembinaan agar IKM tersebut dapat berjalan stabil dan berkelanjutan. Dengan berkembangnya IKM, maka hal tersebut akan memperkuat perekonomian masyarakat Tuban.
Selain beberapa Industri yang sudah berkembang, Pemerintah Kabupaten Tuban juga memberikan stimulan – stimulan baru untuk menciptakan industri dan varian produk baru yang mungkin untuk dikembangkan di Kabupaten Tuban. Misalnya program pelatihan dan pembinaan produksi Tepung Tapioka yang baru – baru ini direalisasikan di Kecamatan Montong. Sekian beberapa contoh Program yang di buat pemerintah, ada banyak program lainnya yang akan di bentuk, semoga semua program ini bermanfaat bagi kemajuan perekonomian bangsa.
  http://amandaaugusta84.blogspot.com/
http://marwahqurrotaayyun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar