Jumat, 01 Februari 2013

Contoh Koprasi Di Masyarakat



                                                Universitas Gunadarma

Fakultas Ekonomi Akutansi
Semester 3, Kls 2EB20
Mata Kuliah :  Ekonomi Koprasi IT022214
Dosen Pembimbing : Ibu Sulimah
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Tema Tugas : “Koprasi di Indonesia”

Sebutkan dan jelaskan contoh – contoh koprasi di masyarakat ?

              Mengenal dan mempelajari tentang contoh dan jenis – jenis koprasi diharapkan dapat membantu kita sebagai masyarakat dalam mengetahui bidang apa saja yang di lakukan oleh Koprasi dan juga kita sebagai masyarakat dapat terbantu dalam kehidupannya. Di berbagai negara di belahan dunia di benua Afrika sampai Asia seperti Indonesia. Koprasi berserta berbagai jenisnya lahir di Benua Eropa lalu meluas dan berkembang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Koprasi dengan asas Kekekluargaanya di harapkan dapat membantu perekonomian masyarakat.
              Koprasi yang terkesan hanya untuk membantu kalangan bawah masyarakat saja dalam membantu perekonomiannya. Jika kita mengenal lebih jelas lagi koprasi masuk ke dalam semua golongan masyarakat umum dan tidak di beda – bedakan. Berikut akan di jelaskan beberapa contoh koprasi di Indonesia :
A.    Koprasi Simpan Pinjam
Di Indonesia koprasi di kenal sebagai salah satu sarana membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan banyaknya kebutuhan yang harus di penuhi masyarakat membuat masyarakat itu pun berfikir cara untuk memenuhinya. Pada zaman sekarang ini membuat masyarakat harus lebih berkreatif dalam mengatasi maslah kebutuhan hidup yang beragam.
Salah satu sarana koprasi dalam membantu yaitu Koprasi Simpan Pinjam, Koprasi Simpan Pinjam adalah salah satu koprasi yang di kembangkan di Indonesia. Menurut pengertiannya Koprasi Simpan Pinjam adalah Koprasi yang kurang lebih memiliki kesamaan dengan Bank. Tetapi anatar bank dengan koprasi Simpan Pinjam memiliki perbedaan dari segi asas, bank kebanyakan di minati oleh kalangan atas untuk memnuhi kebutuhannya. Perbedaanya adalah :
-          Simpan Pinjam tidak mengambil keuntungan atau bunga dari anggota yang meminjam. Sejumlah uang di pinjamkan koprasi kepada anggotanya benar – benar untuk tujuan  membangun usaha sesuai kesepakatan yang telah di buat sebelumnya.
-          Sedangkan Bank meminta bunga dari pihak peminjam dan mengambil keuntungan. Jadi sebaliknya dari Koprasi Simpan Pinjam.
Koprasi memberikan syarat yang mudah dan praktis di bandingkan bank yang dalam perkembangannya di nilai memberikan salah yang sulit untuk nasabah. Sehingga untuk nasabah menengah kebawah agak kesulitan dan enggan menggunkan pinjaman dari Bank.
             Contoh khasus Koprasi Simpan Pinjam adalah : misalkan si A ingin mendirikan usaha, tetapi tidak memiliki modal, si A dapat ikut serta menjadi anggota Koprasi dengan memenuhi beberapa persyaratan, setelah itu si A harus menjelaskan atau mempersentasikan apa uasaha yang akan si A rencanakan untuk di kembangkan dan kapan waktu untuk pengembalian modalnya. Setelah usaha yang di kembangkan berjalan dan lancar juga balik modal, si A bisa menyimpan keuntungan dari modal yang di biayai koprasi untuk di simpan di koprasi seperti sistem tanam saham.
Tidak sulit menemukan Koprasi Simpan Pinjam di sekitar kita, Koprasi Simpan Pinjam lebih banyak di kenal dan berkembang dalam masyarakat Indonesia. Dengan taraf kehidupan masyarakat Indonesia yang masih belum sejahtera dalam perekonomiannya , dengan adanya Koprasi Simpan Pinjam sangat membantu meringankan beban masyarakat.
B.     Koprasi Produsen
Koprasi Produsen adalah salah satu contoh lainnya dari Koprasi. Koprasi Produsen menurut artinya adalah Koprasi yang memiliki anggota yang memproduksi barang. Dari uasaha kecil sampai menengah UKM yang mendirikan Home Industri. Kegiatan dalam koprasi ini adalah pengadaan bahan baku untuk di produksi. Koprasi diu harapkan dapat membantu masyarakat dalam mengoptimalkan usahanya dan berkreasi. Berawal dari Home Industri yang terus di dukung karena termasuk usaha kecil yang bdapat menjadi dasar dan cikal bakal dari usaha besar dan dapat mendukungusaha besar lainnya.
Contoh khasus Koprasi Produsen adalah : Di desa ABC banyak warga yang bergelut pada bidang kripik pedas. Warga – warga tersebut bisa membentuk kelompok koprasi. Kelompok koprasi tersebut di bentuk dengan maksud untuk mereka bersama – sama bisa memajukan  usaha kecilnya. Misalnya jika salah satu anggota kehabisan modalnya maka bisa meminjam modal dulu, atau jika salah satu produsen kesulitan memasarkan barangnya ,koprasi bisa ikut serta membantu memasarkan produknya. Dengan demikian produsen – produsen akan merasa terbantu dalam mengembangkan usaha yang di produksinya, Tanpa takut kesulitan mencari tambahan modal atau gulung tikar uasahanya.
C.    Koprasi Pemasaran
Koprasi Pemasaran contoh koprasi lainnya. Koprasi ini menjalankan kegiatan penjualan dan pemasaran produk – produk dan jasa dari anggota koprasi ini. Tujuan pembuatannya adalah untuk mempermudah para anggotanya, yang biasanya anggotanya adalah para produsen yang tidak memiliki pasar.
Contoh kasus Koprasi Pemasaran adalah :
Desa ABC adalah produsen tikar, Koprasi dapat membantu memsarkan jasa keterampilannya membuat macam – macam barang yang terbuat dari tikar, dengan demikian produsen akan terbantu ndan tidak perlu sulit mencari pasar. Produsen hanya menyerahkan urusan pemasran pada koprasi ini.

Sumber : 
www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CDEQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.anneahira.com%2Fcontoh-koperasi.htm&ei=pHoMUebuBoy3rAePooCYCw&usg=AFQjCNGxob6oUklMNhMI-SFKBIa9A8RHdA&bvm=bv.41867550,d.bmk  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar