Minggu, 03 November 2013

Tugas Tulisan B. Indonesia "Dampak Perdagnagan Bebas"



Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi
Mata Kuliah : B. Indonesia
Dosen : Bpk Edy Prihantoro
Nama Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Kls : 3EB20
Tugas Tulisan 
“Dampak perdagangan bebas”



Setiap negara dalam melakukan perdagangan internasional akan mengalami dampak positif dan dampak negatif terhadap perekonomian negara itu sendiri. Sejauh mana pengaruh perekonomian negara tiap negara berbeda-beda tergantung dari peraturan dan kebijakan yang di miliki masing – masing negara.
Dampak positif dari perdagangan internasional antara lain :
·                      Kegiatan produksi dalam negeri menjadi meningkat secara kuantitas dan kualitas karna jika tidak maka produksi dalam negri akan kalah saying dengan produksi luar.
·                      Mendorong pertumbuhan ekonomi negara, pemerataan pendapatan masyarakat, dan stabilitas ekonomi nasional, dengan adanya perdagangan internasional berarti kapasitas produksi meningkat dan SDM yang digunakan meningkat.
·                      Menambahkan devisa negara melalui bea masuk dan biaya lain atas ekspor dan impor. Sehingga pembangunan di dalam negri pun dapat terus berjalan karna adanya suntikan dana dari devisa.
·                     Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri, terutamadalam bidang sektor industri dengan munculnya teknologi baru dapat membantu dalam memproduksi barang lebih banyak dengan waktu yang singkat. Energi yang di butuhkan pun akan lebih efisien dan akapasitas produksi meningkat.
·                     Melalui impor, kebutuhan dalam negara dapat terpenuhi. Kebutuhan yang tidak dapat di hasilkan oleh negara kita sendiri dan harus di import atau di beli dari negara lain.
·                     Memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk berkeja. Karna dengan perdagngan internasional ,kerja sama pun terbuka luas.
·                     Mempererat hubungan persaudaraan dan kerjasama antar negara. Dengan adanya hubungan perdagngan internasional menjadi wadah bagi terkumpulnya misi dan visi yang saling berkesinambungan terutama dalam bidang ekonomi.
Dampak negatif dari perdagangan internasional antara lain :
·                     Barang-barang produksi dalam negeri terganggu akibat masuknya barang impor yang dijual lebih murah dalam negeri yang menyebabkan industri dalam negeri mengalami kerugian besar.
·                      Munculnya ketergantungan dengan negara maju. Sehingga kita tidak dapat berusaha sendiri dan mencari solusi yang baik untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri.
·                      Terjadinya persaingan yang tidak sehat, karena pengaruh perdagangan bebas. Dapat terjadi saling mencontek model atau barang yang di hasilkan.
·                      Bila tidak mampu bersaing maka pertumbuhan perekonomian negara akan semakin rendah dan bertambahnya pengangguran dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar