Universitas
Gunadarma
Fakultas
Ekonomi Akutansi
Semester
4, Kls 2EB20
Mata
Kuliah : Aspek Hukum Dalam Ekonomi
IT022209
Nama
Mahasiswa : Filza Rachmatina ( 22211874 )
Judul : Bisnis Online Shop
Di zaman Modern ini, Berkembangnya
ilmu teknologi di dunia termasuk Indonesia yang terus mengikuti perkembangan
teknologi. Hampir semua masyarakat Indonesia pun mengikuti dan menggunakan
teknologi yang ada termasuk dalam hal komunikasi. Sebelum jauh – jauh saya
jelaskan tentang Contoh proses Transaksi penjualan melalui HP yang awalnya
hanya sebagai media untuk komunikasi, tetapi sekarang di kembangkan juga
aplikasi – aplikasi pendukung seperti aplikasi pada HP brand Blackberry yang
mengadakan fitur BBM atau Blackbarry Messenger yang berfungsi untuk Chat/
berbincang singkat secara cepat, tetapi sekarang di manfaatkan untuk media
berjualan lkarna kita sebagai penjual dapat menampilkan Foto Barang yang kita
jual secara mudah dan cepat, konsumen yang menjadi anggota BBM kita dapat
melihat secara mudah foto – foto product yang kita jual, jika tertarik hanya
tinggal chat/ ngobrol dan bertransaksi dengan cepat. Transaksi di lakukan
dengan terlebih dahulu transfer sejumlah uang yang telah di sepakati melalui
media Perbankan yang telah di pilih dan mengrimkan bukti transfer yang telah
dikirim dengan tertera sejumlah uang dan nama tujuan pengiriman uang. Setelah
itu penjual mempersiapkan barang yang diinginkan pembeli untuk di kirim melalui
jasa pengriman barang, setelah itu selesai transaksi penjualan. Transaksi ini
mudah dan menguntungkan dimana Penjual tidak perlu mengeluarkan modal banyak
untuk menyewa kios/toko tempat berjualan, hanya dengan mengeluarkan uang
laganan service internet. Keuntungan untuk pembeli, mereka tidak perlu jauh –
jauh berpergian untuk mencari barang yang mereka inginkan karna hanya perlu
memesan dan barang akan di kirim ke rumah mereka.
Itu hanya salah satu contoh Media
yang di gunakan untuk Online Shop, sebenarnya masih banyak lagi media aplikasi
yang di gunakan untuk berjualan, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang
berbeda. Selanjutnya akan di bahas lagi perkembangan sejarah Bisnis Online Shop
di Indonesia.
Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan
Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi,
Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik
promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan
salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat menjadi media dalam Meningkatkan
Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga.
Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga
mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren
naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004
menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan
terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet
di Indonesia.
Internet sebagai media marketing
sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai
dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian
disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu
www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda
Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk
dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya
berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain :
www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram, www.facebook.com Oleh
Mark Zukenberg.
Internet pada masa sekarang ini sudah
merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi,
berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate,
sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs
online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online
shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang
menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja
kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah
tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah
dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk
secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang
relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global.
Dimana pun dan kapan pun semua orang di dunia dapat melihat product yang kita
jual dan memesannya.
Bisa dikatakan dalam dekade terakhir
perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi
berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga
bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai
go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya.
berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online
atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain
Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia
Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar
menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari
berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan
dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial
seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah
yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online
terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.
Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online
Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online
Tetapi seiring dengan perkembangan
tersebut ada masalah lain yang timbul akibat transaksi jarak jauh seperti
ini. Seperti penipuan mengenai product
yang tidak sesuai dengan kenyataan, ketika di foto dengan barang yang di terima
konsumen tidak sesuai. Lalu ada lagi penipuan ketika konsumen sudah mentransfer
sejumlah uang kepada penjual, tetapi sang penjual malah hilang dan tidak mengrimkan
barang yang telah menjadi hak konsumen setelah membayar kewajibannya. Mnurut
saya pribadi begitu banyak kendala dan juga masalah yang timbul dari transaksi
melalui Jejaring Social atau pun media internet, tetapi kembali lagi kepada
kita sebagai konsumen harus lebih hati – hati sebelum memutuskan membeli, kita
harus melihat apakah penjual di bisnis online ini profesional atau hanya ajang
penipuan, lihat dari comment – comment dari konsumen lainnya dan juga seberapa
aktif penjual itu update di media socialnya. Sistem ini memang memudahkan
Pnejual dan Pembeli, tetapi saking mudahnya kita pun lebih berhati – hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar