Minggu, 11 November 2012

Sejarah Koperasi


Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi, Jurusan Akutansi
Semester 3, Kls 2EB20
Mata Kuliah : Ekonomi Koprasi
Nama : Filza Rachmatina (22211874)
Tugas Tulisan Tema :
“Sejarah Koperasi”


                     Gerakan koprasi di dunia, Digagas oleh Robert Owen (thn 1771 – 1858) yang menerapkan pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, skotlandia. Gerakan koperasi ini di kembangkan lebih lanjut oleh Wiliam King (1786-1865) dengan mendirikan toko koperasi di brighton, Inggris pada 1 Mei 1828, king menerbitkan publikasi bulanan bernama The cooperator, yang berisikan berbagai gagasan dan saran – saran  praktis tentang mengelola toko  dengan menggunakan prinsip koperasi. Koperasi  akhirnya berkembang di Negara – Negara lainnya. di awali Negara Inggris pada abad ke 18 pertengahan dan awal abad 19. “KOPERASI PRAINDUSTRIAN” menjadi sebutan yang sering di sebut untuk lembaga. Munculnya Revolusi Indistri dan munculnya sebuah Ideologi yang kemudian begitu menguasai system perekonomian dunia pada abad yang sama dan dikenal dengan sebutan Kapitalisme.  Kapitalisme mendapatkan perlawanan dengan hadirnya Sosialisme yang menjadi 2 kekutan besar.
                       Berawal dari buruh dari berbagai Negara Eropa  yang merasakan penderitaan yang juga rasakan oleh para pendiri Koprasi Konsumsi di Rochdale Inggris pada tahun 1844. Awalnya koprasi ini hanya melayani kebutuhan konsumsi menggunakan asas Rochdale para pelopor Koperasi Rochdale mulai memperbesar dari hanya took kecil menjadi Usaha Pabrik yang menyediakan perumahan bagi anggotanya dan juga adanya pendidikan bagi anggota & pengurus koprasi.
                    Koperasi di Inggris didirikan oleh Charles Foirer, Raffeinsen & Schulze Delitch .Tahun 1852 berdiri sekita 100 Koperasi konsumsi di Inggris. Koprasi – koprasi ini umumnya didirikan oleh konsumen. Tahun 1862 untuk memperkuatgerakan koprasi , koperasi – koperasi konsumsi di Inggris menyatukan diri menjadi pusat Koprasi Pembelian Tahun 1945 dengan nama C.W.S. (The Cooperative Whole – sale Society) memiliki 200 buah pabrik dan tempat usaha dengan 9.000 pekerja, perputaran Modal 5.000.000 poundsterling. Tahun 1950 Jumlah Anggota koprasi yang tersebar di wilayah Inggris lebih dari 50.000.000 orang penduduk Inggris.
                   Koprasi juga berkembang di Negara – Negara lain. Masa Revolusi Perancis dan perkembangan  industry berakibat kemiskainan dan penderitaan yang di rasakan rakyat Perancis. Charles Forier, Louis Blanc ,dan Ferdinand Lasalle yang menyadari perlunya perbaikan yang mendorong rakyat dan pengusaha kecil di Perancis (Federation Nationale Dess Cooperative De Consommation ),Koprasi yang bergabung 476buah dan jumlah anggotanya 3.460.000 orang dan took yang dimiliki 9.900 buah dengan perputaran modal sebesar 3.600 Milyar Franc/Tahun.
                 Di jerman juga berkembang koperasi menggunakan prinsip- prinsip yang sama dengan koperasi buatan Inggris. Tahun 1808-1883 Di Jerman  Oleh Herman Schultz – Delitsch yang pertama kali mendirikan Koprasi, Konsep badi prakarsa dan perkembangan terhadap Koprasi – Koprasi kredit pertokoan ,Koprasi pengadaan sarana produksi bagi pengerajin ,dan kelompok lain – lain. Pedomn kerja Koprasi Simpan Pinjam Schulze adalah :
1.      Modal kerja berasal dari Uang Simpanan yang di kumpulkan dari anggota – anggota.
2.      Perkotaan sebagai wilayah kerjanya.
3.      Upah di berikan kepada pungurus koprasi .
4.      Jangka Pendek untuk sifat peminjamannya.
5.      Bunga Pinjaman di manfaatkan untuk keuntungan yang di bagi kepada para anggotanya.

                 Tahun 1818-1888 Friedrich Wilhelm Raiffeissen kepala desa di Flemmerfeld, Weyerbush di Jerman. Raiffeissen memberikan saran untuk para petani untuk bergabung bersatu dalam kelompok simpan – pinjam membentuk koprasi kredit berdasarkan solidaritas dan tanggungan tidak terbatas yang di pikul oleh para anggota. Para anggota juga akan di bombing dengan Prinsip – Prinsip menolong ,mengelola dan mengawasi diri sendiri.
Refrensi : RMOnline, D S. Chandra dewi’s blog, Warta WARGA GUNADARMA .GLORY

Tahun 1896 di London terbentuklah ICA ( Internasional Cooperative Alliance ) Maka Koprasi menjadi satugerakan Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar